Minggu, 23 Oktober 2016

TUGAS PRAKTIKUM 3 | LYX

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang LyX
Enjoy it

LATEX dan LYX  

Pengertian LaTex

TEX merupakan perangkat lunak pengolah dokumen yang terutama ditujukan menghasilkan dokumen yang berisi simbol-simbol matematik. TEX diciptakan oleh Donald E. Knuth (Mei1977) sebaga ibahasa pembentuk dokumen (document formatting language). LaTeX adalah sistem typesetting yang dapat digunakan untuk membuat artikel, buku, surat, dan publikasi lain berkualitas tinggi. LaTeX berbasiskan pada TeX, bahasa typesetting aras bawah yang didesain oleh Donald E. Knuth. LaTeX tidak bekerja seperti pengolah kata WYSIWYG(what you see is what you get), jenis persiapan dokumen yang sudah banyak dipakai oleh banyak orang. Dengan LaTeX, Anda tidak harus perduli dengan pemformatan dokumen, hanya tentang penulisan dokumen.

Pengertian LYX

LyX adalah program yang digunakan untuk mengetik berbagai macam dokumen, mulai dari memo, surat, laporan, dokumentasi software, buku, paper, novel dan lain-lain. LYX merupakan salah satu front-end LATEX yang berbasis GUI, yang dapat dijalankan pada hampir semua platform sistem operasi.

 Cara Instal LyX

  • Cara yang pertama, yaitu dengan menggunakan dua tahapan. Amunisi Software yang dipakai yang pertama adalah MikTeX dan yang kedua adalah LyX itu sendiri. Silakan download MikTeX disini dan LyX di link berikut ini (pilih yang LyX installer). Software yang pertama kali harus diinstal adalah MikTeX (baca : Berkenalan dengan LaTeX dan LyX). Setelah MikTeX berhasil menginstal MikTeX, langkah terakhir adalah dengan mengintal LyX, caranyapun mudah hanya dengan klik dan next dan selesai dengan finish.
  • Cara termudah menginstal LyX adalah dengan menggunakan paket bundle (bundling antara MikTeX dengan LyX). Langkah instalasinya pun sangat mudah, jalankan LyX bundle dan instal hingga selesai. Bila tidak ada error yang muncul itu dapat disimpulkan bahwa instalasi telah berhasil.

TP LyX

Kalkulus by TakimMustakim on Scribd

Ma Triks by TakimMustakim on Scribd










  Itu tadi sedikit penjelasan tentang LyX
Semoga bermanfaat dan mohon maaf atas banyak kekurangannya.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar